Tips Memilih Baterai Double Power – Benarkah Baterai Double Power lebih tahan lama?

Pada handphone atau hp, ada 3 jenis baterai hp yang bisa dipakai ; baterai ori, baterai kw, dan baterai double power. Baterai double power yang digunakan untuk Hp dikenal sebagai baterai tahan lama yang tidak cepat habis meski pemakaian berjam-jam, biasanya diberi juga keterangan “super high capacity”, “long Lasting”, dll. Dan kali ini niagakomputer.com akan membagikan informasi tentang tips memilih baterai double power.

Handphone dengan baterai tahan lama selalu menjadi idola pecinta gadget. Alasannya adalah supaya tidak repot harus sering mengecas hp tsb. Apalagi jika sedang berwisata, jalan-jalan, mati lampu, atau ketika berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mengecas handphone tsb. Apabila baterai handphone Anda cepat habis, kenapa tidak mencoba memakai baterai double power ini yang tentunya akan membuat pengalaman Anda ber-handphone menjadi semakin nyaman.

Sekarang ini baterai double power menjadi salah satu primadona dikalangan pengguna gadget seperti Blackberry, Samsung Smartphone, dan berbagai jenis merek gadget lainnya. Baterai double power dianggap dapat menjadi salah satu solusi bagi para pengguna gadget yang ingin baterainya tetap awet untuk pemakaian dalam waktu yang lama, sehingga para pengguna gadget tidak perlu melakukan charger berulang kali. Hal ini dikarenakan baterai double power ini memiliki kapasitas energi yang lebih banyak dibandingkan baterai original bawaan dari gadget atau handphone.

baca juga : harga & spesifikasi Asus Zenfone 5 A500CG

gambar baterai double power
ilustrasi antara baterai ori dengan baterai double power

Namun tahukah Anda, tidak semua baterai double power mempunyai kualitas yang bagus dan cocok untuk semua gadget?. Ada beberapa baterai double power yang justru tidak sesuai dengan kapasitas yang tertera pada label baterai. Hal ini dikarenakan maraknya produk baterai bajakan biasa namun diberi label double power, atau kapasitas baterai pada label tidak sesuai, setelah diukur dengan menggunakan alat, ternyata jauh lebih kecil. Oleh karena itu, Anda sebagai konsumen harus lebih jeli dan lebih berhati-hati lagi dalam memilih baterai double power untuk gadget Anda. Kenali jenis atau macam-macam baterai double power agar Anda tidak salah dalam membelinya.

Secara umum, baterai double power dibedakan berdasarkan kapasitas yang tertera pada baterai. Rata-rata baterai double power mempunyai kapasitas lebih dari 10.000 mAh, dengan kapasitas yang besar ini Anda bisa lebih mengurangi waktu charger untuk gadget Anda. Namun seperti yang telah kami kemukakan diatas, Anda harus lebih berhati-hati, jangan hanya percaya pada kapasitas yang tertera pada label, sebab bisa saja Anda tertipu. 

Secara logika, baterai yang mempunyai bentuk, berat, bahan (lithium-ion), dan ukuran volume relatif sama maka kapasitas baterai tsb juga lebih kurang akan sama. Kecuali ukuran baterai hp tsb lebih besar, rasanya tidak mungkin baterai yang secara fisik sama, mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar. Dan memang faktanya, kebanyakan kapasitas pada baterai double power, tidak sesuai dengan yang tertera pada kemasannya.

Cara Memilih Baterai Double Power yang Aman Untuk Gadget


gambar baterai double power 2

Hal lainnya yang harus Anda waspadai dalam penggunaan baterai double power ini pada gadget Anda yaitu baterai double power ini bukan baterai bawaan dari gadget Anda sehingga ditakutkan baterai akan cepat rusak dibandingkan dengan baterai bawaan dari gadget. Karena itu, berikut ini beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih baterai double power berkualitas bagus dan aman untuk gadget :

baca : harga Acer liquid Z110 Duo

1. Durability
Yang dimaksud durablity disini adalah berapa kali maksimal baterai di charger/ di cas. Biasanya baterai double power berbahan Lithium Ion dan bisa dicharger maksimal 500 sampai 1000 kali. Anda bisa cek durability baterai double power pada kemasannya.

2. Safe Protection
Dalam memilih baterai double power sebaiknya Anda perhatikan safe Protection pada baterai. Baterai double power yang bagus mempunyai IC protection yang digunakan sebagai pengontrol arus yang masuk pada saat dicharge. Denagn adanya IC ini, seandainya terjadi konslet atau overcharge maka baterai akan aman tidak terbakar.

3. Garansi
Garansi juga perlu untuk diperhatikan dalam memilih baterai double power. Biasanya baterai double power yang berkualitas akan memberikan garansi beberapa bulan pada baterai yang dibeli.

4. Harga
Dalam hal harga, baterai double power ini biasanya dibanderol dengan harga yang tidak terlalu murah. Namun harga dari baterai ini tetap lebih murah dibandingkan dengan baterai yang original.

gambar baterai double power 3

Untuk mengetahui secara pasti, apakah kapasitas baterai double power tsb memang sesuai dengan kapasitas pada label/ kemasannya, kita bisa gunakan sebuah alat khusus yaitu battery analyzer. Lalu apakah semua baterai double power jelek? untuk membahas pertanyaan seperti ini kami akan bahas dilain kesempatan, sekaligus mengenai merk baterai double power apa saja yang sering direkomendasikan, dan berapa harga baterai double power tsb.

Pembaca sekalian, agar baterai double power awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya Anda melakukan perawatan dengan tepat yaitu dengan cara tidak mengecas baterai secara berlebihan dalam jangka waktu lama. Ikutilah petunjuk penggunaan baterai double power agar baterai tetap awet dan tahan lama.

Demikianlah info tentang tips memilih baterai double power sebagai referensi Anda dalam berbelanja. Semoga bermanfaat.